Label:

obat sakit maag


OBAT SAKIT MAAg
Obat Penyakit Maag

Sejak duduk di bangku kuliah dulu sekitar tahun 1980 saya mengalami penyakit Maag yang sangat mengganggu. Saat pertama kali terserang penyakit ini, rasanya di perut sangat sakit, hingga muntah2 disertai dengan diare. Hingga tahun 2006 penyakit ini tak kunjung sembuh.

Dari pengalaman yang dapat saya catat, beberapa hal yang memicu penyakit ini bangkit kembali, adalah:
Telah makan
makan yang berasa asam seperti jeruk, cuka, dll
makan makanan yang pedas, seperti cabai, merica, dll
makan sayuran2an seperti kol, bayam, kangkung, sawi dan hampir semua yang sayuran dedaunan yang hijau.
Suatu saat sewaktu kambuh, ada yang menganjurkan agar saya mencari daun RUKAM dan direbus untuk diminum airnya.

Saya coba mencari dan ada yang mengetahui pohon ini di Sumatera, saya pesan untuk dibawakan daunnya untuk saya coba minum air rebusannya, dan ternyata setelah saya minum rutin selama 1 Minggu, hasilnya LUAR BIASA, sejak tahun 2006 hingga saat ini penyakit MAAG saya sudah sembuh total.

Sedikit tentang POHON RUKAM (catatan dari penelitian IPTEK)
Rukam berperawakan pohon kecil, tingginya 5-15(-20) m; batang dan percabangannya yang tua biasanya bengkok bengkok, beralur dan bercabang-cabang di dekat pangkalnya; batang yang muda beserta cabang-cabangnya berduri keras dan mengayu, bercabang-cabang atau tidak, panjang duri mencapai 10 cm; pohon yang diperbanyak dengan klon biasanya tidak berduri. Daunnya berbentuk lonjong sampai bundar telur atau jorong sampai lanset-lonjong, berukuran {(6,5-)10-15(-18)} cm x {4-7(-9)} cm, tak berbulu atau berbulu pada tulang tengah dan peruratan daunnya, lembaran daun sebelah atas seringkali berkilap, berwarna hijau tua, pada saat daun masih muda berwarna merahkecoklatan dan menggantung, pinggiran daun bergerigi kasar; tangkai daun panjangnya 5-8 mm. Perbungaannya berbentuk tandan berbunga sedikit, berukuran pendek, berada di ketiak daun, berbulu halus; gagang bunga panjangnya 3-4 mm; bunga berwarna kuning kehijau-hijauan, umumnya berkelamin tunggal; daun kelopak 4 helai, jarang 3-6 helai; tidak berdaun mahkota; bunga jantan bercuping cakram 8, berdaging, berwarna jingga atau putih kekuning-kuningan, berbenang sari banyak sekali; bunga betinanya biasanya tak berbenang sari, tangkai putik 4-6(-8), lepas-lepas, kepala putiknya kurang tegas, bercuping dua. Buahnya bertipe buah buni yang bentuknya bulat, bulat gepeng sampai bulat telur sungsang, berdiameter 2-2,5 cm, berwarna hijau muda sampai merah jambu atau hijau-lembayung sampai merah tua, berdaging keputih-putihan, banyak mengandung air yang asam rasanya; di ujung buah masih ada bekas tangkai putik kecil-kecil sebanyak 4-6(-8), mirip paruh, dalam bentuk lingkaran. Berbiji pipih, sebanyak 4-7 butir. Kandungan Buah rukam yang telah berwarna merah-lembayung tua memiliki daging buah berwarna putih. Analisis per 100 g bagian yang dapat dimakan di Filipina menunjukkan perbandingan sebagai berikut: 77 g air, 1,7 g protein, 1,3 g lemak, 15 g karbohidrat, 3,7 g serat, dan 0,8 g abu. Nilai energinya 345 kJ/ 100 g.
Syarat Tumbuh
Rukam tumbuh di lingkungan tropik basah pada ketinggian sampai 1500 m dpl., tetapi dijumpai juga yang tumbuh liar pada ketinggian 2100 m dpl. Habitat alaminya adalah hutan primer dan sekunder, seringkali dijumpai di sepanjang sungai, dan rukam ini tumbuh di bawah naungan atau di lahan terbuka. Pohon rukam tampaknya dapat beradaptasi dengan baik pada berbagai suhu, curah hujan, dan tipe tanah.

CARA PENGOBATAN
Ambil DaunRukam, lalu dijemur hingga kering.
1. Rebus 3-5 helai daun yang sudah kering dengan 1-1,5 gelas air
2. diamkan sampai mendidih hingga airnya berwarna seperti air teh
3. tuangkan dalam gelas dan dinginkan
4. minum 1-2 kali sehari pagi dan sore

Bagi permulaan penyembuhan, dapat dilakukan sampai 2 minggu, kemudian bisa dikurangi 1 kali sehari hingga anda merasa sembuh.

Gejala:
Perut terasa perih dan mual akibat terlambat makan
Penyebab:
Pola makan tidak teratur.
Gangguan pencernaan / lambung
Bahan Obat:
Kacang hijau 1/4 kg

Pengolahan:
Kacang hijau dicuci bersih, kemudian dijemur / keringkan.
Setelah itu digoreng tanpa menggunakan minyak / sangrai hingga terlihat matang.
Setelah matang angkat dan tumbuk hingga halus.
Hasil tumbukan / bubuk kacang hijau tadi yang digunakan sebagai ramuan.
Setiap hari gunakan satu sendok makan bubuk kacang hijau tadi dicampur air putih segelas. Minum hingga sakit berangsur hilang /sembuh.
Indonesia adalah negeri yang kaya dengan keanekaragaman hayati. Kekayaan itu terkadang belum banyak diteliti. Sehingga banyak tumbuhan asli Indonesia yang belum diteliti manfaatnya terhadap penyembuhan penyakit. Seperti para pengidap penyakit maag. Selain mengonsumsi obat-obatan yang diberikan oleh dokter, ternyata penyakit ini bisa disembuhkan dengan mengonsumsi kunyit, yang banyak ditemukan di setiap dapur di rumah.
Beberapa tanaman yang telah banyak diteliti untuk digunakan sebagai obat sakit maag di antaranya adalah kunyit. Kunyit (Curcuma longa atau C domestica) termasuk yang paling dikenal masyarakat. Sifat-sifat kunyit yang dapat menyembuhkan luka sudah dilaporkan sejak 1953. Hasil penelitian menunjukkan, dengan kunyit laju penyembuhan meningkat 23,3 persen pada kelinci dan 24,4 persen pada tikus.
Penemuan ini dan penggunaannya secara tradisional untuk dispepsia, merangsang penelitian lebih lanjut. Pemberian ekstrak air atau ekstrak etanol kunyit secara oral pada kelinci secara nyata menurunkan sekresi asam lambung dan meningkatkan produksi mukus pada mukosa lambung. Bahkan, penyembuhannya dilakukan dengan menetralkan asam lambung, mengurangi produksi asam lambung, mengobati infeksi pada selaput lendir lambung, dan mengurangi rasa sakit akibat iritasi selaput lendir atau kekejangan otot dinding lambung.
Selain mengonsumsi kunyit yang telah diolah menjadi minuman, kepada penderita dianjurkan pula untuk makan dalam jumlah sedikit tetapi sering. Penyembuhan sakit maag juga bisa dengan menggunakan tanaman obat. Dengan mencampur tanaman yang mempunyai sifat demulcent, antasid, dan astringent, akan dapat diperoleh sediaan paling baik untuk pengobatan luka pada usus. Dosisnya masing-masing 165 mg/kg bobot badan untuk jus kunyit dan 10 gram/kg bobot badan untuk bubuk kunyit.
Usaha identifikasi kandungan aktif kunyit mengarah kepada penemuan curcumin. Secara eksperimental curcumin efektif mencegah dan memperbaiki luka lambung yang diinduksi oleh phenylbutazone dan aspirin. Curcumin meningkatkan mukus lambung sehingga aktivitas nyeri lambung dapat dijelaskan melalui stimulasi produksi mukus. Percobaan klinis efek kunyit pada penderita dilakukan terhadap 10 pasien.
Obat diberikan secara oral dengan dosis dua kapsul 250 mg selama empat kali sehari, setengah sampai satu jam sebelum makan dan sebelum tidur. Pemeriksaan endoskopik dijalankan periodik sebelum pengobatan dan 4, 8, 12 minggu setelah pengobatan. Maag sepenuhnya terobati pada lima pasien dalam waktu empat minggu atau tujuh pasien dalam empat sampai 12 minggu.
elah saya coba dengan cara ini. Dan, hasilnya? Saya menjadi baik, Anda pun boleh mencoba juga. Ambillah 9 pucuk daun bluntas (dalam tiap pucuk harus ada 9 lembar daun). Cuci sampai bersih kemudian remas-remas dan campur dengan air matang setengah gelas. Peras daun yang telah diremas untuk diambil airnya dan dibubuhi garam kira-kira seujung sendok teh. Air daun bluntas yang menjadi setengah gelas itu dibiarkan semalam. Keesokkan harinya dikala perut dalam keadaan kosong, minumlah, tetapi jangan lupa diaduk terlebih dahulu. Silahkan mencoba.
Biasanya orang menjadi pusing, jika terserang penyakit maag. Memang maag adalah suatu penyakit yang tampaknya ringan, tapi cukup menyiksa pada penderita. Nah, semoga penderitaan Anda menjadi ringan dengan pengalaman saya ini, bahkan beberapa kali telah saya anjurkan kepada teman dan keluarga.
Anda cari pohon pepaya ranti, kalau tidak ada boleh pohon pepaya biasa. Ambil pucuk pepaya lima tangkai atau secukupnya. Cuci sampai bersih, lalu rebus dengan air kira-kira 5 gelas hingga mendidih dan airnya tinggal 2 gelas. Setelah dingan Anda boleh campur dengan gula, agar tidak terlalu pahit.
Lakukan selama 7 hari berturut-turut, atau selama masih terasa sakit. Biasakan minum pada pagi hari sebelum makan dan menjelang tidur. Obat ini selain untuk penyakit maag, maka penyakit cacingpun bisa hilang.
Penyakit maag yang baru saja Anda derita, bisa disembuhkan dengan bawang putih tunggal (bawang lanang). Caranya : bawang setelah dibersihkan dikunyah dan ditelan, begitu saja. Lakukanlah hal ini selama tiga hari berturut-turut, sehari paling tidak dua kali.
Kupas, cuci dan parutlah dua buah kentang yang dicampur dengan kelapa parut. Direbus dengan air, beri gula jawa secukupnya dan sedikit garam. Resep ini cukup manjur untuk meeka yang terserang gejala maag. Silahkan coba, selain berkhasiat, rasanyapun enak.

Daun pepaya sangat banyak mafaatnya, salah satunya untuk mengobati sakit maag. Walaupun banyak obat maag dijual dipasaran, ini adalah alternatif untuk mengobati maag dengan cara tradisional.
Ambil dua lembar dau pepaya yang sedang (jangan terlalu tua), tumbuk sampai halus lalu diberi 1/4 sedok teh garam dan air hangat 1 gelas. Lalu diperas untuk diambil airnya, minumlah pagi hari sebelum sarapan cukup satu kali sehari. Insya Allah dalam lima hari sakit maag anda akan sembuh
aya pernah sakit maag. Waktu itu saya bertugas di daerah terpencil yang belum memiliki Puskesmas. Penduduk setempat memberi saya ramuan obat yang ternyata sangat manjur. Sampai saat ini penyakit tersebut tidak kambuh lagi. Mungkin ramuan obat tradisional tersebut dapat berguna bagi Anda. Yaitu : Ampela ayam yang masih mentah, dicuci dan diiris kecil-kecil kemudian dijemur sampai kering. Tumbuklah sampai halus, letakkan dalam gelas dan seduh dengan air hangat. Minumlah ramuan ini paling sedikit 3 kali sehari, sampai rasa sakit berkurang. Kalau terasa kurang sedap baunya (anyir) bisa Anda tambahkan coklat atau kopi secukupnya.
Bagi Anda yang sering mengalami gangguan pada pencernaan, misalnya perut sering kembung, mual dan sering terasa perih. Anda dapat menyembuhkannya dengan minum air seduhan daun delima. Caranya sebagai berikut : ambil 5 helai daun delima, cuci kemudian di iris halus. Sedu irisan daun delima tersebut dengan iar mendidih kira-kira setengah gelas. Biarkan sampai 5 menit, minum air seduhan tersebut hangat-hangat, selama 5 hari berturut-turut. Insya Allah pencernaan Anda akan sehat kembali.




0 komentar :

Posting Komentar

Terima kasih sudah mau berkunjung ke blog dfajarbacktonature,silahkan bagi sahabat blog yang kurang puas dengan postingan, sahabat blog bisa meninggalkan komentar.Untuk sahabat blog yang baik pasti meninggalkan komentar.
Terima kasih.... Happy Blogging :)

 
HC © 2012 | Designed by Canvas Art , in collaboration with Business Listings , Radio stations and Corporate Office Headquarters